Politik yang Melelahkan

 

Pekan ini merupakan klimaks dari perjuangan partai-partai politik untuk menjadi partai yang berhak mengikuti Pemilihan Umum 2014, setelah berbulan-bulan lamanya berbagai tahap yang dimulai dari kelengkapan syarat-syarat dokumen hingga verifikasi faktual, partai-partai politik yang didominasi nama-nama baru tersebut, diputuskanlah oleh Komisi Pemilihan Umum apakah berhak atau tidak sebagai peserta Pemilu.

Dari 34 partai politik yang mendaftarkan diri, telah diketuk palu hanya 10 partai saja yang berhak mengikuti Pemilu 2014, mereka terdiri dari sembilan partai peserta Pemilu 2009 dan satu partai baru, sisa 24 lainnya tumbang.

Terlepas dari berbagai motivasi para pengurus partai itu untuk mengikuti Pemilu, ke-24 partai yang diputus tidak lolos tahapan ini tentu tidak tinggal diam. Datang diundang pada Rapat Pleno Verifikasi Faktual Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2014 di KPU pada Selasa (8/1) yang lalu, sejumlah pengurus partai mengajukan kritisi kepada kinerja KPU.

Pada Rapat Pleno yang berjalan lebih dari 12 jam sejak pukul 13.30 Wib hingga pukul 01.30 Wib dini hari membuat sejumlah politis kelelahan, banyaknya interupsi dari partai politik menjadikan rapat terbuka itu berjalan alot. Terlihat sejumlah politisi yang sebelumnya sempat berapi-api menyatakan pendapatnya, kelelahan, bahkan sebagian ada yang sempat tertidur.

Pengurus partai yang hadir mengklaim telah memenuhi berbagai syarat yang telah ditentukan, walaupun KPU juga bertahan atas tuduhan itu. Bahkan, KPU juga mengaku memiliki bukti dan argumen kebenaran kinerja mereka dalam memverifikasi partai-partai tersebut. Pihak partai-partai politik yang dinyatakan gugur oleh KPU tidak terhenti begitu saja, karena mengacu pada Undang-Undang, partai berhak mengajukan keberatan atas keputusan KPU melalui jalur hukum.

Entah bagaimana nanti keputusannya, akankah keputusan KPU itu tetap 10 atau bertambah, atau justru berkurang, hanya waktu yang bisa menjawab, keputusan hukum lah yang menentukan.

One thought on “Politik yang Melelahkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: