Evakuasi Korban Pesawat Sukhoi Superjet-100

 

 

 

Pada Rabu (9/5), pesawat Sukhoi Superjet-100 melakukan joy flight di kawasan udara Indonesia untuk memperkenalkan performa pesawat pabrikan Rusia tersebut kepada para calon pembeli dan wartawan, 45 penumpang dari berbagai negara mengikuti penerbangan kedua hari itu, jalur Jakarta-Pelabuhan Ratu diputuskan pilot untuk menjadi jalur penerbangan tersebut.

Penerbangan kedua yang berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusumah pukul 14.00 wib dengan pilot Alexander Yablontsev asal Rusia. Pukul 14.30 wib ketika pilot meminta izin utuk turun dari 10.000 kaki ke 6.000 kaki adalah kontak terakhir antara pesawat dengan pihak Air Traffic Control Center (ATC), dan setelah itu hilang kontak. Kordinat terakhir ketika hilang kontak, pesawat berada diatas Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat.

Medan Gunung Salak yang curam membuat tim gabungan TNI, Polri, Basarnas, dan relawan mengalami kesulitan untuk mencapai titik kordinat kemungkinan pesawat jatuh, setelah dua hari atau pada Jumat (11/5), barulah tim dapat menemukan secara jalur darat untuk mengevakuasi para korban. Seperti yang diperkirakan sebelumnya, pesawat hancur berkeping-keping dan jenazah hancur tercerai berai.

Keluarga para penumpang yang sejak hari pertama menunggu kabar kondisi pesawat yang ditumpangi anggota keluarga mereka, menunggu dengan sangat khawatir dan pasrah. Setelah ditemukannya para korban, keluarga pasrah. Identifikasi yang dilakukan tim Disaster Victim Identfication (DVI) akan memakan waktu sekitar dua minggu di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur. Dan setelah itu jenazah langsung akan dikembalikan kepada pihak keluarga masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: